-->

Seperti Apa Tantangan Dunia Pendidikan yang Kita Hadapi Sekarang ?!!!?

Baik, pada kesempatan malam ini, saya akan belajar menerjemahkan tantang pendidikan indonesia dalam sebuah kalimat yang akan saya rangkai menjadi beberapa paragraf. Memang sangat susah untuk menafsirkan sebuah pemahaman tentang tantangan itu, tapi saya akan berupaya malam ini, sebagai bentuk kepedulian akan dunia pendidikan.

Tantangan, kata-kata itu sering terdengar di telinga kita. Apa kita tahu arti dari kata tersebut?
Apakah kita mengerti makna dari kata "tantangan" yang sebenarnya ?
Jika didefinisikan, tantangan adalah hal atau objek yang menggugah tekad untuk meningkatkan kemampuan mengatasi masalah.

Terus, kalau kita hubungkan dengan tantangan dunia pendidikan di Indonesia itu seperti apa ?

Inilah yang sesungguhnya menjadi tantangan pendidikan tinggi di Indonesia: bagaimana caranya mendidik para entrepreneur tangguh. Sayangnya, dunia pendidikan di Tanah Air dewasa ini memprihatinkan sekali. Di satu sisi, kita trenyuh menyaksikan retak menara gading dunia pendidikan Indonesia yang berusaha disembunyikan—minim sekali lembaga pendidikan tinggi kita yang sanggup bersaing secara global. Namun di sisi lain, kita juga miris melihat bagaimana pribadi-pribadi berjiwa miskin rela menghambur-hamburkan duit demi membeli gelar kosong.

Sudah begitu, political-will pemerintah pun kurang mendukung, kalau tak mau dibilang kontradiktif. Walau telah berulang-ulang ditekankan dan disadari betul bahwa memberi kail jauh lebih berguna daripada ikan, akan tetapi kebijakan bantuan tunai langsung (BLT) yang jelas-jelas mematikan semangat entrepreneur masyarakat Indonesia tetap saja dijalankan.

Jelas, langkah penting penyelamatan bangsa, sekaligus juga mempersiapkan transformasi industri menuju knowledge economy, adalah dengan mendidik para entrepreneur! Pendidikan bukan lagi bertujuan untuk menciptakan jutaan lulusan perguruan tinggi tanpa keahlian, melainkan entrepreneur alias wiraswastawan. Mereka inilah yang nantinya mampu mengadaptasi long-term objectives menjadi immediate goals. Dengan kata lain, menerjemahkan kebijakan eksekutif puncak dalam menciptakan kail bagi rakyat kecil.

Jadi sepenggal kata yang menjadi kalimat dan membentuk sebuah paragraf adalah kreasi dari pemikiran tentang sebuah kepedulian. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Seperti Apa Tantangan Dunia Pendidikan yang Kita Hadapi Sekarang ?!!!?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel