-->

Kisi-Kisi UTS Bahasa Indonesia SMK Kelas XI (Sebelas)

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi materi atau yang biasa diseut dengan kisi-kisi soal terkait mata pelajaran bahasa indonesia. Berbicara tentang pengertian kisi-kisi adalah Gambaran awal dari sebuah Gambaran asli sebuah soal yang biasanya bentuk dan wujud hampir sama.

Penyusunan kisi-kisi merupakan langkah penting yang harus dilakukan sebelum penulisan soal. Tanpa adanya indikator dalam kisi-kisi tidak dapat diketahui arah dan tujuan setiap soal.

Agar evaluasi sesuai dengan program pendidikan, maka seorang guru diharuskan menyusun kisi-kisi soal. Menurut para ahli pengertian kisi-kisi adalah suatu format yang dapat berupa matriks yang memuat informasi dan dijadikan pedoman untuk menyusun soal menjadi tes.

Di bawah ini ada beberapa contoh Kisi-kisi dan Naskah Soal, silahkan dipelajari dengan baik.

Kisi-kisi soal uang saya berikan paling pertama adalah Kisi-kisi soal bahasa indonesia, silahkan disimak baik-baik :
1. Pengertian Cerpen ?
2. Sebutkan dan Jelaskan 11 Ciri-ciri Cerpen ?

Perhatikan!
                                                               Senyum Karyamin” 
                                                             karya Ahmad Thohari 

Mereka tertawa bersama. Mereka, para pengumpul batu itu, memang pandai bergembira dengancara menertawakan diri mereka sendiri. Dan Karyamin tidak ikut tertawa, melainkan cukuptersenyum. Bagi mereka, tawa atau senyum sama-sama sah sebagai perlindungan terakhir. Tawadan senyum bagi mereka adalah simbol kemenangan terhadap tengkulak, terhadap rendahnyaharga batu, atau terhadap licinnya tanjakan. Pagi itu senyum Karyamin pun menjadi tandakemenangan atas perutnya yang sudah mulai melilit dan matanya yang berkunang-kunang.

Karyamin melangkah pelan dan sangat hati-hati. Beban yang menekan pundaknya adalah pikulanyang digantungi dua keranjang batu kali. Jalan tanah yang sedang didakinya sudah licin dibasahiair yang menetes dari tubuh Karyamin dan kawan-kawan, yang pulang balik mengangkat batudari sungai ke pangkalan material di atas sana. Karyamin sudah berpengalaman agar setiap perjalananya selamat. Yakni berjalan menanjak sambil menjaga agar titik berat beban dan badannya tetap berada pada telapak kaki kiri atau kanannya. Pemindahan titik berat dari kaki kirike kaki kanannya pun harus dilakukan dengan baik. Karyamin harus memperhitungkan tarikannapas serta ayunan tangan demi keseimbangan yang sempurna.

Sebelum habis mendaki tanjakan, Karyamin mendadak berhenti. Dia melihat dua buah sepeda jengki diparkir di halaman rumahnya. Denging dalam telinganya terdengar semakin nyaring.Kunang-kunang di matanya pun semakin banyak. Maka Karyamin sungguh-sungguh berhenti,dan termangu. Dibayangkan istrinya yang sedang sakit harus menghadapi dua penagih bank harian. Padahal Karyamin tahu, istrinya tidak mampu membayar kewajibannya hari ini, hariesok, hari lusa, dan entah hingga kapan, seperti entah kapan datangnya tengkulak yang telah setengah bulan membawa batunya.

”Ya, kamu memangmbeling , Min. di gerumbul ini hanya kamu yang belum berpartisipasi.Hanya kamu yang belum setor uang dana Afrika, dana untuk menolong orang-orang yangkelaparan di sana. Nah, sekarang hari terakhir. Aku tak mau lebih lama kau persulit.´
Karyamin mendengar suara napas sendiri. Samar-samar Karyamin juga mendengar detak jantung sendiri. Tetapi karyamin tidak melihat bibir sendiri yang mulai menyungging senyum. 

Kali ini Karyamin tidak hanya tersenyum, melainkan tertawa keras-keras. Demikian keras sehingga mengundang seribu lebah masuk ke telinganya. Seribu lunang masuk ke matanya. Lambungnya yang kampong berguncang-guncang dan merapuhkan keseimbangan seluruh tubuhnya. Ketika melihat tubuh Karyamin jatuh terguling ke lembah Pak Pamong berusaha.

3. Tentukan Struktur Cerpen tersebut mengenai Abstrak ?
4. Tentukan Struktur Cerpen tersebut mengenai Orientasi ?
5. Tentukan Struktur Cerpen tersebut mengenai Komplikasi ?
6. Tentukan Struktur Cerpen tersebut mengenai Evaluasi ?
7. Tentukan Struktur Cerpen tersebut mengenai Koda ?
8. Jelaskan Pengertian Gaya Bahasa ?
9. Sebutkan dan Jelaskan jenis gaya bahasa beserta pembagiannya ?
10. Berikan 2 contoh setiap jenis majas berikut ini :

  • Metafora
  • Hiperbola
  • Sinekdoke
  • Aliterasi
Seperti itu kisi-kisi soal untuk bahasa indonesia kelas XI (Sebelas), namun untuk lebih jelas lagi silahkan pelajari materinya di Klik Disini. Terima aksih telah berkunjung dan menyempatkan diri membaca isi dari blog ini. Terima kasih.

0 Response to "Kisi-Kisi UTS Bahasa Indonesia SMK Kelas XI (Sebelas)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel