-->

Ciri Bahasa Teks Laporan Teks Observasi

Materi selanjutnya yag kita bahas pada kesempatan kali ini adalah ciri bahasa teks observasi, namun seperti yang kita ketahui bahwa di tulisan blog ini sudah dibahas namun tidak terlalu rinci dan kurang lengkap. Oleh karena itu, saya akan jelaskan, mohon disimak dengan baik yach :

Seperti kita ketahui bahwa, bahwa teks observasi adalah segala sesuatu yang kita laporkan berdasarkan pengamatan secara langsung oleh kita sendiri maupun pengamatan orang lain.

Sama halnya seperti jenis teks lain, teks laporan observasi juga memiliki ciri tersendiri. 
Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi
  • Bahasa singkat, padat, dan jelas

Teks laporan observasi harus disajikan dengan menggunakan bahasa yang jelas, mudah dipahami, dan tidak berbelit-belit. Hal ini dilakukan agar pembaca bisa dengan mudah memahami hasil laporan observasi yang disajikan dan menghindari kesalahpahaman.
  • Sesuai fakta

Dalam teks laporan observasi, informasi harus disajikan sesuai dengan data atau fakta yang didapatkan dari observasi atau pengamatan.
  • Bersifat global

Dalam laporan observasi, informasi juga harus disampaikan secara global atau menyeluruh.
Selanjutnya dalam hal penulisan, memerlukan teknik tersendiri sehingga pada saat ada orang yang membaca tidak canggung dan tidak bingung dengan alur teks observasi kita, oleh karena itu bahasa teks observasi harus lebih baik.

Oleh karena itu, perlu diperbaiki struktur yang ada didalamnya dan harus menggunakan struktur baku dalam teks observasi tersebut, yakni meliputi :
  • Judul

Judul dibuat dengan semenarik mungkin agar pembaca merasa tertarik untuk membaca laporan tersebut. Judul juga harus disajikan secara singkat, padat, dan jelas. Contoh : “Strategi Promosi Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan”, “Dampak Tambang Batu Bara di Kalimantan”, atau “Fotosintesis pada Tumbuhan”.
  • Klasifikasi Umum/Definisi Umum

Klasifikasi umum ini berupa Pendahuluan yang berisi gambaran tentang sesuatu yang akan diteliti atau diamati. Gambaran ini dijelaskan secara umum.
  • Aspek yang Diamati/Deskripsi Bagian

Aspek-Aspek yang diamati dalam teks laporan observasi ini antara lain : pelaksanaan observasi (tempat, waktu, objek, dan sebagainya) dan Isi (hasil observasi).
Adapula yang melengkapi dengan deskripsi manfaat, yaitu penjelasan tentang manfaat sesuatu yang dioabservasi.

Selain struktur dan ciri teks laporan observasi, untuk dapat menulis teks laporan observasi, kalian juga harus memahami kaidah teks laporan observasi. Kaidah teks laporan observasi ini antara lain:

• Hasil dari pengamatan atau penelitian yang up to date/kekinian.
• Sifatnya universal.
• Bahasa yang digunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
• Membahas objek tunggal.
• Tidak adanya bagian penutup/kesimpulan dari penulis.

Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh, teks observasi, simak dibawah ini :

Manfaat Pupuk Kandang
Pupuk kandang merupakan pupuk yang paling mudah didapatkan. Pupuk kandang ini bisa didapatkan dari kotoran hewan ternak seperti ayam, kambing, kelinci, marmot, atau sapi. Pupuk kandang selain mudah didapat dan murah juga ternyata lebih bagus dibandingkan dengan pupuk kimia.

Tanaman yang dipupuk dengan menggunakan pupuk kandang ternyata lebih kuat terhadap penyakit dan subur. Daun dan bunga pada tanaman yang dipupuk dengan menggunakan pupuk kandang lebih banyak. Tanaman pun terlihat kuat dan sehat. Sedangkan tanaman yang dipupuk dengan pupuk kimia memiliki daun dan bunga yang lebih sedikit.

Pupuk kandang ternyata mampu menjaga unsur keseimbangan unsur hara dalam tanah sehingga tanaman tetap mendapatkan nutrisi secara seimbang. Berbeda dengan pupuk kimia yang bisa membuat tanah menjadi rusak.

Contoh diatas merupakan contoh teks observasi tentang "pupuk kandang". Adapun poin penting dari ciri bahasa teks laporan teks observasi adalah, sebagai berikut :
  • Teks observasi adalah teks yang menjelaskan hasil pengamatan atau penelitian.
  • Judul teks harus dibuat menarik, jelas, singkat, dan padat.
  • Bahasa yang digunakan dalam teks laporan observasi harus singkat, padat, dan jelas.Teks laporan informasi yang disajikan harus sesuai dengan fakta yang didapatkan dari hasil penelitian.
  • Informasi yang disampaikan harus menyeluruh dengan membahas objek tunggal.
  • Struktur teks laporan obervasi mencakup : Judul, Klasifikasi Umum/ Definisi umum, Aspek yang diamati/deskripsi bagian.
Terima kasih telah berkunjung semoga bermanfaat dan berberkah.

0 Response to "Ciri Bahasa Teks Laporan Teks Observasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel