-->

Materi tentang Interpretasi Teks Eksplanasi Kompleks

Pada pembahasan materi kali ini kita akan emmbahas tentang, seperti apa dan bagaimana cara interpretasi teks eksplanasi kompleks, namun sebelum itu teks eksplanasi mempunyai pengertian dan itu harus dijelaskan karena kalau tidak sistem pembelajaran akan ambigu dengan status ketidakjelasan dalam pembelajaran.

Arti ari kata interpretasi adalah makna, sedangkan arti kata dari menginterpretasi berarti memaknai, jadi arti dari menginterpretasi teks eksplanasi adalah memaknai sebuah teks secara baik atau menafsirkan sebuah teks dengan baik secara eksplisit maupun implisit.

Arti dari kata secara eksplisit adalah secara tersurat dan implisit adalah secara tersirat. sehingga dalam menafsirkan teks harus membaca dengan baik jangan sampai salah memaknai teks, karena kalau salah memaknai teks berarti kita gagak dalam menginterpretasi teks eksplanasi.

Oleh karena itu adapun langkah-langkah dalam menginterpretasi teks dengan bahasa lain memaknai isi teks eksplanasi adalah dengan cara sebagai berikut :

1. Dengan cara memahami struktur yang ada dalam teks eksplanasi misaklnya pernyataan umun dan hubungan sebab akibat yang ada dalam teks tersebut.

2. Selanjutnya memanhami ciri kebahasaan yang ada dalam teks tersebut, karena ciri bahasa yang penting misalnya pemakaian kalimat definisi, pemakaian kongjungsi dan hubungan sebab akibat dalam teks tersebut.

3. Kemudian menganalisis 5 W + 1 H dalam teks eksplanasi tersebut misalnya What, Who, When, Where, Why, dan How.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat ciontoh berikut ini, yang saa ambil dari quipperschool

Banjir lumpur panas Sidoarjo (lumpur Lapindo) adalah peristiwa menyemburnya lumpur panas di lokasi pengeboran PT Lapindo Brantas di Dusun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, sejak tanggal 29 Mei 2006.

Areal persawahan, permukiman penduduk, dan kawasan industri tergenang oleh lumpur. Volume lumpur diperkirakan sekitar 5.000 hingga 50.000 meter kubik setiap hari. Akibat semburan lumpur ini membawa dampak yang luar biasa bagi masyarakat sekitar.

Lumpur sangat berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Kandungan logam berat (Hg) air raksa mencapai 2,565 mg/liter Hg, padahal baku mutunya hanya 0,002 mg/liter Hg. Hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan, iritasi kulit, dan kanker

Genangan hingga setinggi 6 meter pada permukiman menyebabkan warga harus dievakuasi karena rumah/tempat tinggal mereka rusak. Areal pertanian dan perkebunan juga rusak akibat genangan lumpur. Lebih dari 30 pabrik yang tergenang terpaksa menghentikan aktivitas produksi dan merumahkan ribuan tenaga kerja karena terkena dampak lumpur ini. Genangan juga menyebabkan kerusakan lingkungan wilayah seperti sarana peribadatan, sarana pendidikan, sarana dan prasarana infrastruktur (jaringan listrik, air, dan telepon). 

Nah, bagaimana cara menginterpretasi , perhatikan cara meginterpretasi di bawah ini :

Kalimat yang dicetak tebal merupakan kata kunci dari 5W+1H. Kalian bisa menemukan informasi dari kalimat yang bercetak tebal di atas. Contoh:

1. Banjir lumpur lapindo terjadi di Dusun Balongnongo, Desa Renokenongo, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
2. Banjir lumpur lapindo terjadi sejak tanggal 29 Mei 2006.
3. Areal persawahan, permukiman penduduk, dan kawasan industri tergenang oleh lumpur.
4. Kandungan logam berat (Hg) air raksa mencapai 2,565 mg/liter Hg, padahal baku mutunya hanya 0,002 mg/liter Hg. Hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan, iritasi kulit, dan kanker. 
5. Lebih dari 30 pabrik yang tergenang terpaksa menghentikan aktivitas produksi dan merumahkan ribuan tenaga kerja karena terkena dampak lumpur ini, dan seterusnya.

Nah mungkin kalian sudah paham dengan penjelasan di atas bukan ? kalau sudah paham terima aksih dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Materi tentang Interpretasi Teks Eksplanasi Kompleks"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel