-->

Membandingkan struktur isi dan ciri bahasa dalam sebuah teks observasi

Sekarang kita akan membandingkan struktur isi dan ciri bahasa dalam sebuah teks observasi. Karena itu, laporan observasi memerlukan fakta yang dapat diperkuat dengan adanya contoh, gambar, grafik, dan lain-lain. 

Contoh teks laporan observasi bentuk populer:

Restoran Atmosphere memiliki desain menarik yang diadaptasi dari Bali. Terletak di Jalan Lengkong Besar 97 Bandung, restoran ini terbuat dari kayu, dikelilingi gazebo, taman-taman yang indah, dan kolam ikan. Restoran utama terdapat di lantai satu dan terdapat pula teras yang indah di lantai dua. Restoran ini menyediakan menu makanan dan minuman Indonesia, Asia, dan Eropa dengan harga bervariasi, mulai dari Rp9.000 hingga Rp65.000.

Penjelasannya :

Laporan yang bersifat populer tampak pada kata-kata yang subjektif. Pada contoh di atas, terdapat kata menarik dan indah dalam menggambarkan suasana restoran yang diamati. Hal ini menunjukkan unsur subjektivitas dalam tulisan tersebut. Bahasa yang disajikan lebih santai tanpa mengesampingkan kaidah yang baik dan benar.

Contoh teks laporan bentuk ilmiah:

Tanaman kacang hijau yang diletakkan di tempat gelap tumbuh lebih cepat dibandingkan tanaman kacang hijau yang diletakkan di tempat terang yang terkena sinar matahari. Hal ini terjadi karena hormon auksin, yaitu hormon tumbuh yang terdapat pada sel-sel meristem, tidak terhambat sinar matahari. Namun,batangnya tumbuh melengkung dan daunnya tampak layu dan kekuningan. Hal ini terjadi karena tanaman tidak mendapatkan sinar matahari sehingga tanaman tidak dapat menghasilkan karbohidrat yang membantu pembentukan klorofil. Pada tanaman kacang hijau yang terkena sinar matahari, pertumbuhannya kerdil, tetapi tekstur batangnya kuat dan daunnya berwarna hijau dan segar.

Penjelasannya :

Laporan observasi yang bersifat ilmiah terlihat pada pilihan katanya yang lugas dan baku. Pemaparan hasil pengamatan di atas biasanya dilengkapi dengan tabel data atau grafik. Secara struktur, laporan observasi terdiri atas: 1. definisi umum, 2. deskripsi bagian, dan 3. deskripsi manfaat/kegunaan. 
Bahasa yang digunakan dalam sebuah laporan observasi haruslah jelas, lugas, tidak berbelit-belit, dan mudah dipahami. Selain itu, laporan observasi haruslah memperhatikan kaidah penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Seperti itu perbandingan struktur isi dan ciri bahasa dalam sebuah teks observasi, semoga bermanfaat dan terima aksih karena anda telah berkunjung.

0 Response to "Membandingkan struktur isi dan ciri bahasa dalam sebuah teks observasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel