-->

Penjelasan Tentang Interpretasi Teks Cerpen berdasarkan Unsur Ekstrinsik dan Unsur Instrinsik

Berdasarkan ilustrasi dari pembahasan sebelumnya bahwa cerpen merupakan salah satu karya sastra yang digemari oleh kalangan masyarakat khususnya remaja, itu tidak lepas dari asal mula cerpen itu dibuat. Cerpen yang sering kita baca dan sering kita dengar ari teman dan orang lain isinya itu merupakan suatu kejadian yang terjadi di masyarakat kemudian dijadikan cerita yang diselingi dengan pemakaian gaya bahsa seperti pada penjelasan sebelumnya.

Oleh karena itu, cerpen diciptakan untuk dinikmati, dipahami dan dimanfaatkan oleh masyarakat. Seorang sastrawan sanggup menemukan nilai-nilai yang ada dalam masyarakat yang akan dijadikan tema dalam sebuah cerpen sehingga kan muncul ke permukaan sebuah karya yang klasik dan membudaya.

Interpretasi Teks Cerpen

Sehingga untuk melakukan sebuah interpretasi teks cerpen dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut :

  1. Menemukan data-data yang diperoleh tentang tokoh cerita, artinya sebuah tokoh harus mampu diketahui seluk beluk dan kepribadiannya yang akan dilakonkan dalam sebuah teks cerpen.
  2. Menemukan kaitan fakta dengan cerita, artinya adalah sebuah cerita jelas sumbernya bukan berkhayal apalagi jika tema teks cerpen tersebut tentang budaya.
  3. Karakteristik Tokoh
  4. Kaitan Keberhasilan Tokoh dengan fakta-fakta kehidupan yang akan dijalani
  5. Menemukan nilai-nilai kehidupan yang terdapat alam sebuah teks cerpen
Berbicara tentang nilai-nilai yang terdapat pada poin kelima tesebut, adapun nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah cerpen adalah sebagai berikut :
  • Nilai sosial tentang kemasyarakatan
  • Nilai Agama tentang keagamaan
  • Nilai Budaya tentang kebudayaan
  • Nilai Moral tentang Tingkah Laku Manusia

Interpretasi teks cerpen dapat melalui penelaahan unsur intrinsik atau ekstrinsiknya. Kedua unsur itu adalah sebagai berikut.
Tema
Tema teks cerpen adalah hal yang dibahas dalam cerpen tersebut. Hal ini dapat diketahui dari apa yang jadi konflik antartokoh, apa yang menjadi perasaan, pikiran, keinginan para tokoh.

Amanat
Amanat adalah pesan berharga yang ada dalam teks cerpen.

Alur
Alur adalah jalan cerita yang dipakai penulis dalam menceritakan kisahnya.

Penokohan
Penokohan adalah cara penulis menggambarkan karakter tokoh-tokohnya.

Latar
Latar meliputi tempat, waktu, dan suasana peristiwa yang terjadi atau yang diceritakan.

6. latar belakang sosial budaya
Latar belakang sosial budaya termasuk unsur ekstrinsik yang mempengaruhi disaat lahirnya teks cerpen tersebut.

Tahapan yang dapat dilakukan untuk interpretasi isi teks adalah sebagai berikut :

Membuat pertanyaan-pertanyaan atas teks tersebut.
Misalnya:
a. Mengapa judul yang diambil penulis itu?
b. Kenapa tokoh A demikian?
c. Kenapa latarnya demikian?

Memproduksi pesan yang didapatkan. 
Jawaban-jawaban atas pertanyaan tadi akan bisa disusun untuk mendapatkan pesan yang utuh dari teks cerpen yang sedang kita interpretasikan.

1 Response to "Penjelasan Tentang Interpretasi Teks Cerpen berdasarkan Unsur Ekstrinsik dan Unsur Instrinsik"

  1. KISAH CERITA SAYA ~ SUKSES JADI PNS


    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali, bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya, anda bisa Hubungi Bpk DR. HERMAN. M.SI No beliau selaku direktur aparatur sipil negara di bkn pusat Hp beliau 0853-2174-0123 siapa tau beliau masih bisa membantu anda. Wassalam....

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel