-->

Penjelasan tentang Struktur Teks Cerpen

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia tentang seperti apa struktur isi teks cerpen. Kenapa pembahasan tentang Struktur teks ini perlu di perjelas agar nantinya pemahaman pada pembelajaran selanjutnya lebih optimal.

Sebelum kita terlampau jauh membahas tentang seperti apa struktur isi teks cerpen maka terlebih dahulu kita jelaskan tentang pengertian cerpen. Cerpen adalah Karya sastra yang berbentuk prosa yang mengisahkan sepenggal kisah tokoh yang mengalami peristiwa kehidupan yang penuh konflik.

Struktur Teks Cerpen

Selain menceritakan tentang konflik yang terjadi, untuk tokoh dalam sebuah cerpen tidak mengalami perubahan nasib. Perubahan nasib itu diartikan sebagai keberadaan seorang tokoh dalam cerpen tersebut berdasarkan alur yang telah ditentukan oleh pengarang.

Alur merupakan Jalan cerita, artinya adalah perpaduan dan memadukan unsur-unsur yang mebangun cerita sehingga terbentuk sebuah kerangka cerita.

Nah, berbicara tentang struktur cerpen, cerpen itu dibentuk oleh beberapa struktur diantaranya Abstraksi, Orientasi, Komplikasi, Evaluasi, Resolusi, dan Koda. Untuk lebih jelas tentang bagaimana struktur tersebut bisa membangun sebuah teks cerpen, disimak penjelasan di bawah ini :

Abstark merupakan inti cerita, sifatnya yang opsional artinya sebuah teks cerpen bisa saja tidak melalui tahapan ini.

Orientasi merupakan pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan situasa kejadian cerita dalam cerpen tersebut.

Konplikasi merupakan urutan sebuah kejadian yang dihubungkan secara sebab akibat. Artinya adalah berbagai konflik yang menuju pada klimaks.

Evaluasi merupakan pemecahan masalah dalam sebuah teks cerpen

Resolusi merupakan pengungkapan konflik yang terjadi dalam sebuah cerpen

Koda merupakan Penutup yang berisi pembelajaran yang bisa diambil oleh pembaca setelah membaca teks cerpen tapi sifatnya juga opsional.

Jadi seperti itu tentang struktur teks cerpen, Penjelasan yang sangat singkat dan mudah-mudahan dapat dimengerti. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

4 Responses to "Penjelasan tentang Struktur Teks Cerpen"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel