-->

Materi Tentang Cara Analisis Teks Ulasan Film dan Drama

Selamat datang di Blog Kumpulan Materi bahasa Indonesia, dimana blog ini berisi tentang kumpulan materia bahasa indonesia. Selain kumpulan materi bahasa indonesia blog ini juga berisi tentang RPP Bahasa Indonesia. Untuk memperluas jangkauan tentang pengetahuan di dunia pendidikan maka saya sisipkan berita terbaru tentang dunia pendidikan di indonesia.

Setelah membaca teks ulasan kita mengetahui teks tersebut tersusun ke dalam bagian-bagian yang terstruktur. Bagian 1 termasuk ke dalam bagian orientasi. Bagian 2 dan 3 termasuk ke dalam bagian tafsiran isi. Bagian 4 dan 5 masuk ke dalam bagian evaluasi. Bagian 6 masuk ke dalam rangkuman.

Dari ciri kebahasaan, ada beberapa hal yang perlu kita analisis:
  • menemukan unsur kebahasaan. Dalam BSE, unsur kebahasaan yang dimaksud adalah penggunaan verba, sinonim, antonim, nomina, pronomina, adjektiva, konjungsi, dan preposisi, serta kalimat simpleks dan kompleks.
  • menginterpretasi makna kata yang digunakan agar pemahaman dapat tercapai. 
Berikut adalah penjabarannya.

1. tidak dibuat-buat dan mengesankan otentik

Kata otentik di atas mengandung arti yang sama dengan orisinalitas atau asli. Dalam hal ini, Putu Wijaya tidak berlebihan dan apa adanya dalam menggambarkan suasana konflik.

2. menggugah dendam kesumat kita tentang bentuk pendidikan di tanah air yang diekploitasi.

Arti kata dendam kesumat pada teks di atas adalah adanya rasa benci yang sangat mendalam karena dunia pendidikan Indonesia dieksploitasi. Kata eksploitasi memiliki makna didayagunakan. Kata ini terkadang memiliki makna konotatif yang buruk, yaitu pendayagunaan sewenang-wenang atau berlebihan.

3. belati berbulu yang siap menusuk pola pikir kita

Kalimat ini mengandung banyak makna konotatif seperti belati berbulu dan menusuk.
Kata belati berbulu adalah metafor untuk menunjukkan suatu hal yang mampu memberikan dua rasa yang bertentangan, sedangkan kata menusuk di sini menggunakan majas asosiasi. Makna yang dihasilkan bisa bermakna menyerang atau menyadarkan diri dan memberi pemahaman yang menyakitkan.

Demikian adalah beberapa contoh cara menginterpretasi dan menganalisis isi teks ulasan.

Terdapat beberapa hal yang perlu kita lakukan dalam menganalisis isi sebuah teks ulasan. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mampu menunjukkan bagian-bagian struktur dalam teks ulasan lalu memahaminya berdasarkan isi dan tujuan setiap bagian. 

Hal yang kedua adalah menganalisis ciri kebahasaan yang digunakan lalu menginterpretasikan makna kata-kata yang dianggap penting atau mengandung makna konotatif menjadi denotatif.

1 Response to "Materi Tentang Cara Analisis Teks Ulasan Film dan Drama"

  1. Assalamu Alaikum wr-wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar jawa timur, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian dan membayar 30 jt namun hasilnya nol, uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, Dengan tdk segaja sy buka internet dan sy melihat komentar ibu sri Rahayu dr jawa timur Tentang Bpk Drs Sulardi yang bekerja di BKN pusat yang di kenalnya di jakarta dan mengurusnya sampai SK dia keluar, saya pun coba menghubungi beliau dan beliau mau membantu saya dan menyuruh saya mengirim berkas saya melalui e-mail, alhamdulillah SK saya akhirnya keluar juga, sy sangat berterima kasi kepada Bpk Drs.sulardi yg telah membantu sy, dan tak lupa mengucap syukur kepada ALLAH SWT karna melalui Bpk Drs.Sulardi, masa depan sy sudah cerah, jadi teman2 jgn pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasih jalan, dan sy sadar kalau tdk ada yg ngurus dr pst langsung meman sulit, karna banyaknya peserta. itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya Hubungi saja Bpk Drs.Sulardi, Hp:0823-3871-2222 Siapa tau belia masih bisa bantu. Untuk yg punya room, trima kasih untuk tumpanganya. Wassalm Ismail Yusup.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel