-->

Materi tentang Interpretasi. Ciri Teks Negosiasi Berkenaan Makna, Ungkapan dan Istilah, Kemudian Langkah Penulisan Teks Negosiasi

Selamat datang di Blog Kumpulan Materi bahasa Indonesia, dimana blog ini berisi tentang kumpulan materia bahasa indonesia. Selain kumpulan materi bahasa indonesia blog ini juga berisi tentang RPP Bahasa Indonesia. Untuk memperluas jangkauan tentang pengetahuan di dunia pendidikan maka saya sisipkan berita terbaru tentang dunia pendidikan di indonesia.

Pada kesempatan kai ini, ada beberapa pembahasan yang saya akan jelaskan yang pertama adalah masalah menginterpretasi teks negosiasi :
Menginterpretasi makna teks negosiasi adalah menafsirkan atau mengartikan isi kesepakatan yang sudah disepakati oleh dua belah pihak ketika terjadi sebuah perbedaan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara mencari makna teks negosiasi adalah dengan cara berikut ini.
  • Menemukan topik pembicaraan dalam percakapan.
  • Menemukan kalimat negosiasi (kalimat untuk meyakinkan pendapat kita agar diterima) Kalimat negosiasi dapat berupa permintaan, pemenuhan, penawaran, dan persetujuan
  • Menemukan kalimat simpulan.
Sealnjutnya pembahasan kedua. pada blog ini adalah Ciri teks negosiasi yang berkenaan dengan Makna, Ungkapan dan Istilah. Mari kita mengingat kembali ciri bahasa negosiasi yaitu mempengaruhi dan mengajak orang lain untuk mengikuti jalan pikiran kita. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan isi negosiasi dengan memakai kalimat negosiasi berupa permintaan, pemenuhan, penawaran, dan persetujuan. Proses negosiasi akan mengalami respon diterima atau ditolak. Banyaknya respon tersebut bergantung seberapa kuat argumentasi dan persuasi yang diberikan. Ada tiga ciri bahasa teks negosiasi yaitu memakai istilah yang berhubungan dengan teks, memakai kalimat pembanding, dan memakai ungkapan yang berhubungan dengan teks.

Kemudian pembahasan ketiga adalah Langkah-langkah penulisan teks negosiasi sebagai berikut :
1. Menentukan tujuan
2. Menentukan pihak-pihak yang berkaitan
3. Menentukan konflik
4. Menentukan solusi dalam penawaran
5 Menentukan model kesepakatan

Jadi seperti itu, penjelasan Materi tentang Interpretasi, Ciri Teks Negosiasi Berkenaan Makna, Ungkapan dan Istilah, Kemudian Langkah Penulisan Teks Negosiasi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

0 Response to "Materi tentang Interpretasi. Ciri Teks Negosiasi Berkenaan Makna, Ungkapan dan Istilah, Kemudian Langkah Penulisan Teks Negosiasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel