-->

Materi Tentang Struktur Teks Anekdot

Selamat datang di Blog Kumpulan Materi bahasa Indonesia, dimana blog ini berisi tentang kumpulan materia bahasa indonesia. Selain kumpulan materi bahasa indonesia blog ini juga berisi tentang RPP Bahasa Indonesia. Untuk memperluas jangkauan tentang pengetahuan di dunia pendidikan maa saya sisipkan berita terbaru tentang dunia pendidikan di indonesia.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang Materi bahasa indonesia dengan sub judul " Struktur Isi Teks Anekdot ".
Pengertian Teks Anekdot

Anekdot adalah Sebuah cerita yang singkat yang mengandung unsur lucu dan mengesankan namun menarik. Subjek dari anekdot adalah orang-orang penting pada kehidupan nyata. Namun pelakunya tidak harus penting. Pada dasarnya teks anekdot merupakan cerita rekaan yang tidak harus di dasarkan pada kenyataan yang ada di masyarakat.

Tujuan Teks Anekdot

Adupun tujuan dari teks anekdot adalah Memberikan sebuah pelajaran dan biasanya berupa kritikan bagi suatu kelompok masyarakat, misalnya Orang bergelut di dunia politik, sosial, hukum dan lingkungan.

Pada dasarnya, setiap ada cerita yang lucu dan konyol belum bisa di pastikan bahwa itu merupakan teks anekdot, karena teks anekdot itu mempunyai unsur-unsur. 

Struktur Teks Anekdot

Adapun unsur-unsurnya adalah sebagai berikut :
  1. Abstraksi berupa cerita pembuka yang akan menggambarkan awal cerita.
  2. Orientasi yaitu peninjauan yang menggambarkan situasi awal cerita. Orientasi akan membangun konteks pembaca terhadap suatu cerita.
  3. Krisis yaitu bagian cerita yang menggambarkan keadaan yang genting atau terjadinya konflik yang dialami oleh tokoh.
  4. Reaksi yaitu tanggapan tokoh terhadap konflik yang muncul.
  5. Koda yaitu penutup cerita atau keadaan akhir cerita.
Oleh karena itu, yang menjadi perbedaan antara teks anekdot dengan teks lain adalah masalah struktur tersebut. Yang mana sudah di paparkan di atas.

1 Response to "Materi Tentang Struktur Teks Anekdot"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel