-->

Materi tentang Interpretasi Teks Anekdot

Selamat datang di Blog Kumpulan Materi bahasa Indonesia, dimana blog ini berisi tentang kumpulan materia bahasa indonesia. Selain kumpulan materi bahasa indonesia blog ini juga berisi tentang RPP Bahasa Indonesia. Untuk memperluas jangkauan tentang pengetahuan di dunia pendidikan maa saya sisipkan berita terbaru tentang dunia pendidikan di indonesia.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang seperti apa maksud dari menginterpretasi teks anekdot.

Pada dasarnya interpretasi teks anekdot adalah melakukan sebuah penafsiran. Penafsiran yang dimaksud disini agar mampu memahami dan memaknai pelajaran atau memaknai kandungan yang terdapat pada teks anekdot tersebut.

Oleh karena dalam menginterpretasi teks anekdot secara sempurna, ada beberapa tahap yang harus diperhatikan, antara lain :
  1. Membaca secara menyeluruh teks anekdot. Mmebaca teks anekdot bukan hanya bagian awal saja, tapi inti dari teks anekdot itu ada pada bagian krisis dan reaksi.
  2. Perlunya memahami tema, alur, tokoh dan latar sebuah cerita.
  3. Mampu mengetahui unsur lucu, jengkel dan konyol dalam sebuah teks anekdot.
  4. Terdapat sindiran dalam sebuah kalimat.
Untuk lebih jelasnya, di bawah ini saya berikan contoh dan seperti apa maknanya.
Seseorang sangat mencintai kekasihnya. Kekasihnya pun mencintainya. Tapi, ia ingin tahu , apakah kekasihnya benar-benar mencintainya, kemudian dia menyuruh detektif. Setelah selesai melakukan tugasnya, detektif itu datang menemuinya. “Kekasihmu itu kurang mencintaimu” kata detektif, “buktinya ketika dia bangun dari tidur yang dicari kacamata.” Seseorang itu terlihat kecewa. ”Dan kemarin dia mengatakan kepadaku, ‘bagaimana dia bisa mencintaiku kalau dia tidak percaya terhadapku?’ kata detektif

Pembahasan :
Makna yang bisa diambil dari cerita tersebut adalah manusia yang selalu mementingkan kepentingan sendiri. Manusia yang ingin dicintai orang lain tetapi tidak tulus mencintai orang lain dan menilai orang lain sesuai dengan dirinya sendiri. 

1 Response to "Materi tentang Interpretasi Teks Anekdot"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel